Kamis, 28 April 2011

The Wonder Of SOY






The Wonder Of SOY

Sesungguhnya kita di Indonesia sudah sejak lama menggunakan kedelai sebagai bahan pangan misalnya dalam bentuk tahu atau tempe. Tetapi masih terdapat anggapan di masyarakat bahkan di kalangan intelektual yang menyatakan, nilai gizi tahu dan tempe tersebut rendah.Namun, siapa sangka, penganan dari butiran kacang kecil yang disebut orang Jepang “edamame” ini memiliki segudang manfaat. Dari kandungan gizinya, kedelai merupakan makanan yang sarat akan manfaat, seperti sumber protein, lemak, vitamin, mineral, juga merupakan serat yang paling baik. Tak hanya itu, susunan asam amino pada kedelai lebih lengkap dan seimbang dibanding kacang lainnya.Kandungan proteinnya setara dengan protein hewani dari daging, susu, dan telur. Hingga 25 persen kandungan lemak tak jenuhnya yang bisa mencegah mengerasnya pembuluh nadi. Alhasil, kedelai sangat berkhasiat bagi pertumbuhan dan menjaga sel-sel tubuh.

Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa kedelai merupakan keajaiban alam. Kedelai juga mengandung banyak gizi yang diperlukan untuk menjaga agar anda selalu tampak dan merasa bugar.Uniknya, hampir 40% dari kacang kedelai dikenal sebagai protein 'lengkap' yang mengandung semua asam amino yang kita perlukan. Produk tersebut juga mengandung 18% minyak dengan kadar lemak tak jenuh yang tinggi atau lemak "baik" dan benar-benar bebas kolesterol.

Berbagai MAnfaat Kedelai

Bagi wanita, penampilan adalah salah satu hal terpenting. Tubuh yang ramping dan indah selalu menjadi dambaan setiap kaum Hawa, supaya mereka terlihat sempurna. Namun masalah biasanya muncul ketika wanita mulai memasuki masa-masa menopause atau berhentinya masa menstruasi. Seorang wanita biasanya mulai mengalami masalah fisik dan psikis terkait perubahan yang terjadi dalam tubuhnya. Masalah ini bisa merembet ke hal lain termasuk pada bentuk tubuh yang tidak lagi indah seperti saat remaja.

Terhentinya haid atau menstruasi dapat menyebabkan penimbunan lemak di bagian-bagian tubuh tertentu terutama di sekitar pinggang, sehingga limgkar pinggang meningkat. Dengan kata lain, Anda makin lama makin gendut.

Masalah penimbunan lemak ini tentu tak bisa dibiarkan begitu saja. Kini ada sebuah harapan baru untuk mengatasi problema lemak ini salah satunya dengan mengonsumsi kedelai secara teratur.

Sebuah riset yang dilakukan para peneliti belum lama ini menunjukkan, konsumsi kedelai dapat memperbaiki penampilan perempuan. Dalam riset, perempuan pascamenopause yang mengonsumsi kedelai secara teratur setiap hari selama tiga bulan, cenderung memiliki perut lebih ramping dibanding rekan mereka yang tidak mengkonsumsi kedelai.

Penelitian lain baru-baru ini, juga menunjukkan kalau kedelai berfungsi menurunkan risiko kanker prostat, kanker kolon, kanker payudara serta osteoporosis dan masalah tulang lainnya.

Jika masih merasa kurang alasan untuk mengkonsumsi kedelai, berikut beberapa manfaat kedelai bagi kesehatan:

1. Kedelai merupakan makanan yang sangat baik bagi pengidap diabetes.

2. Kedelai sangat mudah dicerna dan merupakan salah satu makanan pembangun tubuh yang paling bernutrisi di dunia.

3. Makanan ini sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

4. Kedelai mempunyai kadar lecithin tinggi yang berguna untuk mengatasi kelelahan mental dan melawan terjadinya penimbunan kolesterol.

5.. Hasil penelitian telah menunjukkan kalau pasien diabetes mengalami kemajuan pesat setelah ditangani dengan lecithin.

6. Lecithin juga dilaporkan efektif dalam mengatasi psoriasis.

7. Kedelai kaya akan linoleic dan linoleic acid (jenis lemak tidak jenuh). Karena itu, makanan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit serta mengatasi berbagai kasus eksem.

8. Minyak kedelai murni efektif digunakan untuk mengatasi masalah kulit karena mengandung lecithin alami. Kedelai mengandung alkali 20 kali lebih banyak dibandingkan susu.


Sumber

http://soyjoy.co.id
http://perempuan.web.id
http://id.wikipedia.org/wiki/kedelai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar